12 Urutan Latihan Fitnes yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Advertisement
12 Urutan Latihan Fitnes yang Baik dan Benar Bagi Pemula - Menyusun urutan latihan fitnes bagi pemula sangat penting untuk dilakukan. Tanpa urutan latihan fitnes yang baik dan benar, program latihan fitnes yang kita jalani akan menjadi kacau dan tidak tersusun. Tentunya hal ini akan berdampak negatif pada hasil latihan fitnes kita. Pentingnya menyusun urutan latihan fitnes untuk pemula juga telah ditegaskan oleh berbagai trainer di tempat kebugaran atau gym di berbagai kota besar.

Lalu apa pentingnya merencanakan program latihan dan membuat urutan latihan fitnes untuk pemula? Pada dasarnya, urutan latihan fitnes sangat penting bagi pemula karena setiap rancangan dan rencana urutan latihan akan menjadi acuan target dan hasil latihan itu sendiri. Selain itu, perencanaan yang matang serta urutan latihan fitnes yang baik dan benar tentunya akan membantu kita mengatur waktu menjadi lebih terstruktur untuk menjalankan program latihan.
Pentingnya membuat struktur urutan latihan fitnes yang baik dan benar bagi pemula
Urutan gerakan fitnes untuk pemula
Namun faktanya banyak orang yang mengabaikan susunan maupun urutan latihan fitnes bagi pemula khususnya. Hal ini tentunya membuat hasil latihan menjadi tidak efektif karena latihan fitnes tidak terstruktur dengan baik. Padahal seharunya dalam menjalankan program latihan fitnes haruslah secara urut dan terstruktur. Misalkan kita ingin membentuk otot bagian atas, dari tujuan ini kita dapat menyusun urutan fitnes membentuk otot dada terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan otot punggung, lalu membuat program dengan urutan latihan fitnes untuk membentuk otot lengan. Setelah kita membentuk otot bagian atas barulah kita menyusun urutan fitnes untuk membentuk otot perut agar sixpack. Dan begitu seterusnya hingga membentuk otot bagian bawah (kaki, paha, dan betis)

12 Urutan Latihan Fitnes yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Untuk mempermudah kita dalam menyusun urutan latihan fitnes untuk pemula, akan lebih baik jika kita membuat jadwal latihan perminggu, ataupun perhari. Maksudnya adalah kita harus membuat program latihan fitnes selama 1 minggu maupun 1 hari yang terdiri dari berbagai variasi bentuk latihan agar hasil yang kita dapat menjadi maksimal.

Lalu apa saja urutan latihan fitnes bagi pemula agar otot cepat besar? Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa kita harus menjalankan tahapan fitnes dan membaginya menjadi 3 kategori yakni membentuk otot bagian atas, membentuk otot perut, dan membentuk otot bagian bawah. Lalu kita dapat membuat urutan latihan fitnes yang baik dan benar dengan mengacu pada ketiga target tersebut.

Urutan latihan fitnes bagi pemula

Berikut ini adalah beberapa urutan latihan fitnes untuk pemula dan tips untuk memulai latihan maupun mengembangkan program latihan fitnes.

1. Mencari informasi seputar fitnes di gym maupun di internet
Langkah pertama sebelum kita melakukan program latihan ialah mencari informasi seputar fitnes. Jika digali lebih dalam, dunia fitnes sangatlah luas karena fitnes sendiri merupakan aktifitas yang menyangkut kebugaran dan kesehatan jasmani. Fitnes sendiri tidak hanya mencakup latihan latihan dan gerakan untuk membentuk otot saja, melainkan juga mencakup pengaturan pola makan yang baik dan ideal, tips tips kesehatan dan lain sebagainya.
Baca juga: 6 Pola Makan Untuk Membentuk Otot Dengan Cepat
Kita bisa mendapatkan berbagai informasi seputar fitnes di gym terdekat maupun mencarinya langsung di internet. Usahakan menggali informasi sebanyak banyaknya. Sebagai catatan situs ini menyediakan berbagai informasi seputar fitnes dan secara tidak langsung telah menjadi forum diskusi online tentang problematika fitnes melalui kolom komentar.

2. Menetapkan program latihan
Urutan latihan fitnes setelah kita mencari informasi adalah menetapkan program latihan yang akan kita jalani. Program latihan inilah yang nantinya akan menentukan hasil yang kita dapat diakhir latihan. Maka dari itu dalam menyusun program latihan fitnes yang efektif haruslah berhati hati.
Baca juga: 16 Program Latihan Fitnes Terbaik dan Paling Efektif
3. Melakukan pemanasan dan pendinginan
Pemanasan dan pendinginan sangat identik dengan kegiatan olahraga. Namun kedua gerakan tersebut juga digunakan dalam dunia fitnes, Urutan latihan fitnes untuk pemula sebelum latihan adalah melakukan pemanasan agar badan tidak kaku dan kaget ketika melakukan latihan fitnes. Setelah selesai latihan pun kita juga harus melakukan pendinginan agar badan menjadi lebih rileks dan tidak terlalu tegang.

4. Lakukan latihan fitnes sesuai kemampuan
Dalam melakukan latihan khususnya untuk pemula, hendaknya kita melakukannya sesuai kemampuan tubuh terlebih dahulu. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan waktu pada tubuh kita untuk beradaptasi dengan program latihan yang kita jalani. Setelah kita terbiasa dengan beratnya program latihan yang dijalani, barulah kita bisa memaksimalkan dan sedikit memforsir tubuh melakukan latihan melebihi batas ketahanannya.

5. Lakukan teknik pernapasan serta gerakan yang benar
Mengatur pernapasan menjadi kunci utama dalam setiap gerakan olahraga, khususnya olahraga kelas berat. Urutan latihan fitnes bagi pemula selanjutnya tidak lain adalah melakukan teknik pernapasan serta gerakan yang benar dan selaras.
Baca juga: 12 Cara Membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Cepat
Umumnya gerakan pada setiap latihan fitnes akan diimbangi dengan tekni pernapasan. Teknik pernapasan ketika kita berlari maupun mengangkat beban berat tentunya akan jauh berbeda. Dengan menyelaraskan pernapasan dan gerakan latihan fitnes, secara tidaklangsung kita telah mengurangi resiko kegagalan fitnes.

6. Memantau kondisi tubuh
Urutan fitnes untuk pemula yang tidak kalah penting ialah memantau kondisi tubuh. Seringkali saya menjumpai kawan kawan saya terlalu bersemangat dalam melakukan latihan fitnes hingga lupa akan kesehatannya sendiri. Akhirnya tubuh pun sudah mencapai batasnya dan efek latihan akan sangat terasa sehingga kita terpaksa harus beristirahat untuk memulihkan kondisi tubuh. Untuk mengantisipasi hal tersebut kita harus memantau kondisi dan ketahanan tubuh kita sendiri.

Tips merancang urutan latihan fitnes

Mengatur pola latihan fitnes 1 minggu dan 1 hari
Sebelum kita membahas urutan latihan fitnes bagi pemula, kita perlu menggarisbawahi pola latihan fitnes yang efektif yakni selama kurun waktu 1 minggu dan 1 hari. Dalam waktu 1 minggu kita harus benar benar memfokuskan latihan pada bagian tubuh tertentu. Misalnya pada minggu pertama bulan januari, kita berlatih membentuk otot lengan pada pagi hari, berlatih membentuk otot dada dan punggung di sore hari, dan membentuk otot bahu dan lengan di malam hari. Rutinitas latihan ini harus kita jalani selama 1 minggu penuh. Jika dalam kurun waktu 1 minggu kita sudah merasakan hasilnya, maka kita dapat beralih membentuk otot perut pada minggu berikutnya.

Membentuk otot bagian atas
Urutan latihan fitnes bagi pemula yang pertama ialah membentuk otot bagian atas, otot bagian atas sendiri terdiri dari otot dada, otot punggung, otot bahu, dan otot lengan. Masing masing bagian tubuh tersebut memiliki tingkat kesulitan masing masing,. Yang paling susah dibentuk menurut saya adalah otot punggung dan otot dada, maka dari itu kita akan melewatinya agar waktu latihan fitnes yang efektif dapat kita jalankan.
Baca juga: 16 Cara Membentuk Otot Perut Sixpack di Rumah
Untuk membentuk otot lengan relatif lebih mudah dibandingkan bagian tubuh yang lain, urutan latihan fitnes untuk membentuk otot ialah dengan melakukan push up secara rutin dan dikombinasikan dengan pull up. Gerakan pull up sendiri juga dapat membentuk otot bahu dan punggung, sehingga kita akan mendapatkan manfaat membentuk otot pada 3 bagian dalam waktu yang sama.

Sedangkan untuk otot dada agak sulit untuk dibentuk. Hal ini dikarenakan dada merupakan bagian tubuh yang hampir tidak terjangkau oleh aktivitas sehari hari manusia sehingga jarang dipakai untuk melakukan kontak fisik. Untuk urutan fitnes membentuk otot dada sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya.

Membentut otot perut sixpack
Jika kita telah merasakan hasil dari latihan fitnes untuk membentuk otot bagian atas maka, kita dapat beralih menuju urutan latihan fitnes bagi pemula yang selanjutnya, yakni membentuk otot perut agar sixpack.

Mendapatkan perut sixpack memang menjadi dambaan setiap pria. Namun untuk memiliki perut sixpack, kita harus menempuh program latihan yang sangat berat dan melelahkan. Adapun program latihan fitnes yang efektif membentuk otot perut adalah sit up. Dengan melakukan sit up setiap hari pada sore dan malam hari, kita dapat membentuk perut sixpack dengan cepat.

Membentuk otot bagian bawah
Otot bagian bawah terdiri dari otot paha dan otot betis, kedua otot ini pada dasarnya saling bersinergi dan berhubungan satu sama lain. Program latihan yang kita jalankan pun juga dapat membentuk kedua otot ini secara bersamaan. Seperti contoh jogging, bersepeda dan lari sprint.

Itulah urutan latihan fitnes bagi pemula yang baik dan benar. Perlu kita ingat bahwa urutan tersebut dapat berubah ubah dan bersifat fleksibel menyesuaikan kegiatan kita. Pada situs ini juga telah dibahas berbagai cara membentuk otot serta informasi seputar fitnes pada artikel artikel sebelumnya.
12 Urutan Latihan Fitnes yang Baik dan Benar Bagi Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fitnes mu

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar untuk berkonsultasi dan bertanya.
Komentar akan melalui proses moderasi sebelum disetujui admin, jadi mohon bersabar.