16 Manfaat Squat Untuk Tubuh dan Waktu Terbaik Melakukannya

Advertisement
24 Manfaat Squat Untuk Tubuh dan Waktu Terbaik Melakukannya - Gerakan squat merupakan salah satu gerakan olahraga yang sederhana, namun memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Squat sendiri masuk dalam kategori bodyweight training yang notabennya menggunakan beban tubuh untuk membantu kita berlatih. Dalam beberapa kasus di dunia fitnes, gerakan squat juga disebut sebagai powerlifting. Maksudnya adalah program latihan yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh dengan cara mengangkat beban yang sudah ditentukan.
Pembahasan Manfaat Squat Untuk Tubuh dan Waktu Terbaik Melakukan Squat
Manfaat Squat untuk wanita dan pria serta waktu terbaik melakukan squat
Seperti yang sudah saya utarakan diatas bahwa squat merupakan olahraga yang memiliki gerakan dasar sederhana. Meskipun demikian banyak orang yang bertanya tanya apa manfaat squat untuk perut, cara melakukan squat dan tentunya waktu terbaik melakukan squat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut saya akan menerangkan satu persatu manfaat gerakan squat secara detil hingga waktu terbaik untuk squat.

Manfaat Squat Untuk Tubuh dan Waktu Terbaik Melakukannya

Salah satu manfaat squat yang banyak diminati orang adalah untuk mengecilkan perut. squat sendiri memiliki gerakan yang sangat sederhana yakni dengan posisi awal berdiri tegak, dan selanjutnya menekuk kedua lutut dan merubah posisi menjadi jongkok. dan kembali keposisi semula. Seiring berjalannya waktu berbagai variasi gerakan squat pun akhirnya muncul dengan manfaat yang beragam. Ada yang memanfaatkan gerakan squat untuk mengecilkan perut, membentuk otot bagian bawah (paha dan betis) hingga untuk relaksas
Baca juga: 25 Cara Membentuk dan Membesarkan Otot Lengan Dalam 1 Minggu
Gerakan squat memang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Maka dari itu, sebelum kita melakukan gerakan squat beserta dengan variasinya akan lebih baik jika kita mengetahui berbagai manfaat squat serta waktu terbaik melakukan squat terlebih dahulu.

Manfaat squat untuk membakar lemak

Squat yang notabennya merupakan salah satu gerakan aktif mampu membakar lemak perut hingga paha dan tentunya bermanfaat untuk menurunkan berat badan tubuh. Seringkali kita terlalu fokus untuk menghilangkan lemak pada area lengan maupun perut, dan mengabaikan tumpukan lemak di bagian paha. Padahal, dengan gerakan squat yang tepat kita mampu membakar lemak perut dan paha secara bersamaan. Secara kasat mata, squat merupakan olahraga yang tampak sederhana, namun tidak dapat dipungkiri jika gerakan squat memang mengandung banyak manfaat dan salah satu manfaat squat tersebut adalah untuk membakar lemak perut.
Baca juga: 16 Cara Membentuk Otot Perut Sixpack di Rumah
Waktu terbaik melakukan squat untuk membakar lemak adalah ketika masih pagi dimana udara masih segar untuk dihirup dan cuaca masih belum terlalu panas untuk berolahraga. Selain melakukan squat di pagi hari, kita juga dapat melakukan squat di waktu sore hari.

Meningkatkan massa otot

Salah satu manfaat squat yang menjadi daya tarik tersendiri bagi orang fitnes maupun binaragawan adalah untuk meningkatkan massa otot pada bagian tubuh tertentu. Ketika kita melakukan gerakan squat, secara tidak langsung tubuh akan memproduksi sebuah hormon khusus yang mampu memicu peningkatan dan perkembangan massa otot. sedangkan manfaa squat untuk wanita tentunya adalah untuk membentuk tubuh indah ideal dimana paha dan perut akan menjadi ramping, dan betis juga akan terlihat indah.
Baca juga: 12 Cara Membentuk Otot Dada di Rumah Dengan Cepat

Manfaat squat untuk membentuk otot bagian bawah (kaki)

Selain melakukan lari dan sprint, salah satu cara membentuk otot betis dan paha adalah dengan melakukan squat. Hal tersebut disebabkan karena setiap gerakan squat akan memaksa otot bagian bawah bekerja aktif sehingga mampu membakar kalori serta lemak dan akhirnya akan membentuk otot bagian bawah.
Baca juga: 15 Cara Membentuk Otot Kaki Dan Paha
Manfaat squat untuk wanita kaitanya dengan membentuk otot bagian bawah adalah untuk membentuk postur tubuh bagian bawah yang proporsional. Bahkan gerakan squat juga akan mengencangkan bokong dengan sangat efektif. Hal ini disebabkan karena otot bokong juga akan ikut bereaksi aktif dan akhirnya akan membakar lemak pada area bagian bawah tubuh. Waktu terbaik melakukan squat untuk membentuk otot kaki adalah setelah berolahraga maupun senam.

Meningkatkan stamina tubuh

Sama halnya berbagai gerakan olahraga lainnya, manfaat squat untuk wanita dan pria adalah meningkatkan stamina tubuh sehingga mampu menjalankan kegiatan atau aktivitas lebih lama. Selain itu gerakan squat juga akan meningkatkan kekuatan tubuh melalui pembentukan massa otot. Selain itu, squat juga bermanfaat untuk menjaga postur tubuh dan otot otot tubuh tetap kencang dan kuat.

Squat bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan

manfaat squat yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan keseimbangan yang notabennya diperlukan tubuh kita untuk menjalankan aktivitas sehari hari. Dalam beberapa aktivitas tubuh kita dipaksa untuk melakukan sesuatu lebih ekstrim dari biasanya seperti berdiri dengan satu kaki sehingga mengharuskan kita untuk menjaga keseimbangan agar tidak jatuh. Dengan melakukan squat secara rutin tiap hari secara tidak langsung kita telah meningkatkan keseimbangan tubuh dan menjaga otot otot bagian bawah tetap kuat.

Meningkatkan kelenturan tubuh

Manfaat squat untuk pria dan wanita selanjutnya adalah untuk meningkatkan kelenturan. Hal ini tentunya sangat berguna bagi orang yang memiliki otot kaku yang biasanya sulit melakukan beberapa aktivitas khusus seperti melakukan jongkok. Dengan melakukan squat, tubuh kita dipaksa untuk melakukan gerakan jongkok yang secara tidak langsung akan menstimulasi kelenturan otot kita menjadi lebih lentur dalam menjalankan setiap aktivitas.

Manfaat squat untuk mengurangi resiko cidera

Salah satu manfaat squat yang sangat berguna bagi kita untuk menjalani aktivitas sehari hari adalah untuk mengurangi resiko cidera dikarenakan lemahnya ketahanan tubuh dan otot kita. Dengan melakukan gerakan squat secara rutin maka kita akan menjaga ligamen, otot otot serta persendian menjadi lebih kuat dan tahan dalam menjalankan aktivitas. Sehingga kita dapat mengurangi berbagai resiko sakit dan cidera ketika menjalankan aktivitas lebih berat dari biasanya.
Baca juga: 20 Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Pria Dalam 1 Minggu
Itulah berbagai manfaat squat untuk tubuh dan waktu terbaik melakukan squat yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Menjaga kesehatan tubuh memang sangat diperlukan, tidak hanya menjaga kebugaran tubuh bagian atas saja namun kita juga harus menjaga kebugaran tubuh bagian bawah. Squat yang notabennya memiliki gerakan aktiv dan dinamis yang dikhususkan untuk melatih otot bagian bawah tentunya dapat membantu kita asalkan dilakukan secara tekun dan rutin.
16 Manfaat Squat Untuk Tubuh dan Waktu Terbaik Melakukannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fitnes mu

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar untuk berkonsultasi dan bertanya.
Komentar akan melalui proses moderasi sebelum disetujui admin, jadi mohon bersabar.