20 Tips dan Panduan Fitnes Untuk Pemula yang Baik dan Benar

Advertisement
20 Tips dan Panduan Fitnes Untuk Pemula yang Baik dan Benar - Fitnes adalah kegiatan yang mampu membuat tubuh kekar, berotot dan atletis. Fitnes sendiri sering diartikan sebagai kegiatan yang mengolah dan memfungsikan otot tubuh dengan tujuan untuk menjadi lebih berotot, kekar, dan atletis. Fitnes umumnya dilakukan dengan menggunakan berbagai macam alat bantu yang mampu menunjang berbagai program latihan yang akan dijalankan. Terdapat berbagai jenis alat fitnes dengan fungsi berbeda beda yang dapat digunakan untuk menunjang program latihan. Salah satu tips fitnes untuk pemula adalah menyadari pentingnya peralatan fitnes yang akan kita gunakan.

Umumnya disebuah gym, kita akan diberikan fasilitas berupa alat fitnes yang beragam dengan kegunaan yang berbeda beda. Tentunya hal ini akan memudahkan kita untuk melakukan kegiatan dan program latihan olah tubuh seperti membentuk otot lengan, membentuk perut sixpack dan lain sebagainya.
Tips dan Panduan Fitnes Untuk Pemula yang Baik dan Benar
20 Tips dan Panduan Fitnes Untuk Pemula yang Baik dan Benar
Fungsi panduan dan tips fitnes untuk pemula adalah untuk membantu orang yang baru terjun dalam dunia fitnes dan merasa kebingungan tentang berbagai informasi fitnes agar mampu menemukan program latihan yang sesuai dengan kebutuhan dan porsinya. Hal ini akan sangat penting jika anda ingin terjun ke dunia fitnes karena jika anda berlatih tanpa mengetahui dasar dasar fitnes maka latihan anda akan sia sia.
Baca juga: 12 Cara Membuat Badan Kekar, Berotot, dan Atletis Dengan Cepat
Dalam menemukan tips dan panduan fitnes untuk pemula kita harus selektif, hal ini disebabkan karena porsi program latihan dan dan porsi fitnes antara pemula dengan seorang binaraga tentu berbeda. Semisal kita adalah orang kurus ataupun pria kurus, tentunya porsi latihan dan program fitnes yang akan kita jalankan berbeda dengan orang bertubuh gemuk dan besar.

20 Tips dan Panduan Fitnes Untuk Pemula yang Baik dan Benar

Dikalangan masyarakat khususnya remaja, fitnes bisa dibilang sangat populer. Maka dari itu tidak jarang kita temui banyak gym yang menyediakan pelayanan dan program latihan yang berbeda beda. Namun terkadang sebagai seorang konsumen kita juga merasa dibingungkan, terlebih lagi jika kita masih pemula dan belum terlalu paham dasar dasar fitnes. Maka dari itu kita memerlukan tips fitnes maupun panduan fitnes untuk pemula agar kita bisa tau hal apa saja yang perlu kita lakukan sewaktu fitnes.
Baca juga: 16 Cara Membentuk Otot Perut Sixpack di Rumah
Dalam artikel ini kita akan membahas berbagai tips fitnes dan panduan fitnes untuk pemula agar program latihan baik yang kita lakukan di rumah maupun berlatih di gym dapat berjalan lancar dengan hasil maksimal.

Komitmen menjadi tips fitnes yang pertama

Tips fitnes yang pertama dalam panduan fitnes untuk pemula adalah komitmen. Umumnya seorang pemula yang baru terjun ke dunia fitnes akan mengalami kejenuhan atau kebosanan dalam menjalani berbagai program latihan yang melelahkan tubuh. Hal ini memang sangat wajar terjadi. Namun jangan sampai kita kalah oleh rasa bosan dan jenuh tersebut. Maka dari itu anda memerlukan adanya komitmen kuat untuk melanjutkan program latihan anda. Maka dari itu panduan fitnes untuk pemula yang pertama adalah memantapkan niat dan berkomitmen tinggi.
Baca juga: 20 Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Pria Dalam 1 Minggu
Sejatinya, tanpa adanya komitmen seluruh program latihan yang akan kita lakukan akan sia sia saja. Hal ini disebabkan karena tidak ada rasa keseriusan dari dalam diri kita. Tips fitnes untuk pemula yang masih berhubungan dengan komitmen adalah menentukan target. Seperti contoh pada bulan pertama anda harus mampu menurunkan berat badan 5 kilogram. Pada bulan kedua anda sudah harus berlatih membentuk otot lengan. Pada bulan ketiga anda akan membentuk otot perut sixpack dan seterusnya.

Pemanasan

Panduan fitnes untuk pemula selanjutnya adalah melakukan pemanasan. Pemanasan merupakan gerakan yang bertujuan agar otot otot tubuh menjadi lebih fleksibel dan tidak kaget ketika melakukan program latihan dengan intensitas berat.

Pemanasan sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena otot tubuh yang tidak fleksibel terkesan lebih kaku dan mudah kram. Tentunya semua akibat tidak melakukan pemanasan tersebut akan mengarah pada satu hal yakni terjadinya cidera.

Gunakan peralatan sederhana dalam fitnes

Panduan fitnes untuk pemula yang ketiga adalah gunakan peralatan sederhana dalam program latihan yang akan kita jalankan. Memang terdapat banyak sekali peralatan yang disediakan oleh gym. Namun jika kita masih pemula, ada baiknya kita menggunakan peralatan sederhana dan seadanya terlebih dahulu.

Tips fitnes dalam menggunakan peralatan sederhana adalah dengan memanfaatkan barang barang disekitar kita. Selain itu kita juga dapat mencatat program latihan yang akan kita jalani, serta peralatan apa saja yang kita butuhkan untuk menunjang latiahan kita.

Mengatur istirahat

Panduan fitnes untuk pemula yang tidak kalah penting adalah istirahat. Memang benar semakin berat program latihan yang dijalankan maka semakin efektif pula hasil yang kita dapatkan. Namun istilah tersebut juga harus diimbangi dengan pola istirahat yang teratur.
Baca juga: 25 Cara Membentuk dan Membesarkan Otot Lengan Dalam 1 Minggu
Tidak selamanya tubuh kita akan kuat menjalankan program latihan kita. Maka dari itu ada kalanya kita harus mengatur istirahat dan mengistirahatkan otot kita. Untuk istirahat jangka pendek anda dapat istirahat selama 2 hingga 4 menit. Untuk istirahat jangka panjang sebaiknya dilakukan antara 6 hingga 8 jam (saat tidur).

Pola makan sehat dan teratur

Selain menjalankan berbagai program latihan dan mengatur istirahat, kita juga harus mengatur pola makan sehat seperti layaknya orang fitnes. Dalam dunia fitnes, pola makan menjadi hal yang penting dan tidak bisa ditinggalkan. Hal ini disebabkan karena pola makan orang fitnes dan pola makan biasa sangat jauh berbeda.

Maka dari itu pola makan sehat dan teratur menjadi tidak kalah penting dalampanduan fitnes untuk pemula sebelumnya. Selain mengatur pola makan sehat, tips fitnes untuk pemula yang harus kita terapkan untuk mengimbangi pola makan fitnes adalah dengan minum banyak air mineral agar metabolisme tubuh menjadi semakin cepat.

Kegiatan fitnes memang menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan jika kita menyikapinya dengan baik. Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan melakukan fitnes. Salah satunya adalah menjaga postur dan bentuk tubuh tetap ideal dan stabil, serta menjaga kesehatan organ tubuh kita terutama otot tubuh.

Dalam panduan fitnes untuk pemula diatas telah saya sebutkan bahwa terdapat berbagai cara cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk melakukan fitnes sekalipun fitnes di rumah kita sendiri. Dengan memanfaatkan benda benda di sekitar kita sebagai media juga akan menambah ekonomis dan menghemat pengeluaran kita.

Namun jika anda sudah mulai merasa menggunakan cara sederhana tidak lagi efektif membentuk otot tubuh, maka tidak ada salahnya anda beralih melakukan fitnes di gym yang notabennya menyediakan berbagai sarana dan prasarana pendukung program latihan anda.

Panduan fitnes pemula

Dalam bagian terakhir dari artikel ini kita akan membahas tentang panduan panduan lainnya dalam menjalankan program latihan fitnes. Hal ini bertujuan agar anda dapat menyusun jadwal dan target yang akan dicapai dengan fitnes.

Berapa kali latihan fitnes yang efektif untuk pemula?

Jika anda adalah seorang pemula dalam dunia fitnes pasti anda akan bertanya tanya berapaka kali harus latihan fitnes untuk mendapatkan tubuh idaman? pertanyaan ini sangat klasik dan sering kali diajukan oleh fitnesman pemula. Pada dasarnya pertanyaan ini dapat kita temukan dalam berbagai tips fitnes pemula dan panduan fitnes pemula yang dapat dengan mudah kita temukan.

Panduan fitnes untuk pemula (minggu pertama)
Pada hari pertama anda melakukan panduan fitnes pemula setidaknya anda harus melakukan 3 jenis program latihan fitnes agar lebih efektif. Anda dapat memfokuskan latihan untuk membentuk otot lengan, membentuk otot perut sixpack, dan lain sebagainya.

Panduan fitnes untuk pemula (minggu kedua)
Menginjak minggu kedua latihan anda, mulailah untuk menambah porsi latihan secara perlahan. Anda dapat menambahkan latihan seperti squat, squat jump, curl up, sit up, dan lain sebagainya. Cobalah untuk fokus dan konsisten pada latihan membentuk otot perut dan otot lengan terlebih dahulu.

Panduan fitnes untuk pemula (minggu ketiga atau keempat)
Panduan fitnes pemula selanjutnya adalah setelah dirasa cukup melatih otot lengan dan otot perut, maka ketika menginjak minggu ketiga atau keempat mulailah melakukan program latihan berat sepert pull up, betover row, barbell shrug dan lain sebagainya. Anda dapat mengkombinasikan berbagai latihan dengan menggunakan alat fitnes sesuai kebutuhan anda.

Inilah tips fitnes untuk pemula agar mendapatkan tubuh kekar berotot dan atletis dengan cepat. Tips dan panduan fitnes pemula diatas dapat anda lakukan dengan mudah. Selain itu, semakin lama anda mendalami dunia fitnes maka anda dapat mengkombinasikan berbagai bentuk latihan fitnes dengan berbagai alat fitnes sesuai dengan kebutuhan anda.
20 Tips dan Panduan Fitnes Untuk Pemula yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fitnes mu

0 komentar:

Post a Comment