18 Cara Membentuk Otot Bahu Lebar dan Kokoh di Rumah

18 Cara Membentuk Otot Bahu Lebar dan Kokoh di Rumah - Memiliki otot bahu lebar tegak dan kokoh akan menyempurnakan bentuk tubuh pria. Dengan membentuk otot bahu menjadi lebih lebar secara tidak langsung kita akan membuat pinggang dan perut terlihat lebih kecil, sehingga bentuk tubuh kita akan terlihat menyerupai huruf "V" jika dilihat dari depan maupun belakang. Dengan membentuk otot bahu maka akan membuat tubuh kita menjadi semakin atletis kekar dan menarik untuk dipandang.

Apakah anda tertarik untuk memulai latihan membentuk bahu menjadi semakin lebar?, Pada dasarnya cara membentuk otot bahu relatif lebih mudah untuk dilakukan sekalipun di rumah dengan peralatan alakadarnya jika dibandingkan dengan cara membentuk otot tubuh lainnya seperti perut, lengan, paha, betis dan sebagainya.
cara membentuk otot bahu lebar dan kokoh di rumah
cara membentuk otot bahu lebar dan kokoh di rumah
Terdapat dua faktor yang membuat otot bahu dapat dibentuk dengan mudah jika dibandingkan dengan otot tubuh bagian lain. Faktor pertama adalah otot bahu memiliki sifat fleksibel dan bergerak lebih leluasa jika dibandingkan dengan otot pada tubuh lainnya. Faktor kedua adalah bahu merupakan tempat terakhir terjadinya tumpukan lemak sehingga massa otot bahu akan lebih mudah dan cepat berkembang. Maka dari itu terdapat berbagai variasi gerakan latihan dan cara membentuk otot bahu dengan mudah.

Cara Membentuk Otot Bahu Lebar dan Kokoh di Rumah

Dalam artikel kali ini kita akan mebahas tentang cara membentuk bahu lebar dan kokoh di rumah sehingga akan melengkapi penampilan atletis kita. Latihan membentuk otot bahu yang akan kita lakukan juga tidak terlalu susah untuk dilakukan, kita hanya memerlukan peralatan portable yang terdapat di rumah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak berbagai bentuk latihan untuk membesarkan otot bahu di bawah ini:

Cara Membentuk Otot Bahu di Rumah Dengan Bodyweight Training

Bodyweight training adalah bentuk latihan dasar yang sangat mudah kita temukan dalam fitnes. Bodyweight training berkonsentrasi memanfaatkan beban tubuh untuk melatih dan membesarkan otot. Berbeda dengan angkat beban (wight lifting) yang memerlukan peralatan seperti dumbell, atau barbell sebagai medianya. Bodyweight training hanya menggunakan berat tubuh kita sendiri sebagai beban latihan. Terdapat berbagai variasi latihan dalam cara membentuk otot bahu dengan bodyweight training. Adapun bentuk latihan tersebut adalah sebagai berikut:
Baca juga: 16 Cara Membentuk Otot Perut Sixpack di Rumah
Cara membentuk otot bahu dengan push up
Push up merupakan bentuk latihan otot yang berkonsentrasi pada otot bagian atas seperti lengan, punggung, dan dada. Namun push up juga dapat kita manfaatkan untuk membentuk bahu di rumah secara efisien. Hal ini disebabkan karena disamping memerlukan kekuatan besar pada lengan, ternyata push up juga memerlukan kekuatan besar pada bahu untuk menahan beban tubuh ketika kita tengah berada diatas maupun dibawah dalam gerakan push up.
Baca juga: 12 Cara Membuat Badan Kekar, Berotot, dan Atletis Dengan Cepat
Cara membentuk otot bahu dengan arm circle
Gerakan bodyweight training yang kedua adalah arm circle, gerakan ini sangat mudah untuk dilakukan. Latihan ini dinamakan arm circle karena memiliki gerakan memutar tangan ke depan dan belakang baik secara bergantian, bersamaan dan secara berulang ulang.
cara membentuk otot bahu lebar dan kokoh di rumah dengan arm circle
Gerakan arm circle untuk membentuk bahu lebar
Latihan ini sangat fleksibel untuk dilakukan dan efektif membentuk otot bahu menjadi lebih lebar dan kokoh. Cara melakukannya adalah dengan meluruskan tangan ke samping kanan dan kiri, lalu tangan diputar ke depan dan belakang bergantian dan berulang ulang.

Cara membentuk otot bahu dengan pull up
Pull up pada dasarnya merupakan latihan yang termasuk dalam kategori ekstrim. Meskipun ekstrim untuk dilakukan, namun pull up terbukti menjadi latihan yang efektif membentuk otot tubuh bagian atas dengan cepet. Banyak binagara yang melakukan pull up secara konsisten untuk membentuk otot bahu, otot lengan, otot dada dan punggung.

Untuk melakukan pull up kita memerlukan palang sebagai medianya. Gerakan pull up adalah naik dan turun secara perlahan dengan menjadikan berat tubuh sebagai beban dan otot tangan serta otot bahu sebagai tumpuannya. Maka dari itu pull up sangat efektif untuk membentuk otot bahu, otot lengan, otot punggung dan dada secara bersamaan.
Baca juga: 18 Cara Membentuk Otot Punggung dan Bahu Bersayap di Rumah
Cara membentuk otot bahu dengan plank
Plank merupakan bentuk latihan yang memiliki gerakan statis namun juga sangat efektif untuk membentuk otot bahu hingga otot paha. Gerakan pada plank memerlukan peranan otot bahu untuk menahan beban dalam waktu yang lama sehingga otot bahu menjadi lebih kokoh dan kencang.

Cara membentuk otot bahu dengan plank jump in
Hampir sama seperti plank, plank jump ini merupakan gerakan yang sederhana namun bersifat dinamis. Gerakan ini dapat melatih otot bahu hingga paha jika dengan maksimal jika dilakukan secara konsisten. Untuk melakukan gerakan ini anda harus memposisikan tubuh jongkok dan tangan menyentuh lantai layaknya akan melakukan lompat katak. Setelah itu lemparkan kaki ke belakang dengan bertumpu pada kedua tangan seperti hendak melakukan push up. Sebagai akhiran, tarik kembali kaki pada posisi jongkok semula.

Selain berguna membentuk otot bahu hingga paha, dengan melakukan plank jump in kita juga akan membakar lemak jahat yang menumpuk pada area lengan dan paha.

Cara membentuk otot bahu dengan shoulder taps
Shoulder taps adalah gerakan yang relatif sederhana namun  juga dapat menjadi latihan yang efektif untuk membentuk bahu kuat dan kokoh.Untuk melakukan shoulder taps anda harus memposisikan tubuh seperti akan push up. Lalu secara bergantian tepuklah bahu anda dengan salah satu tangan yang berlawanan dengan bahu terus menerus.
Baca juga: 6 Pola Makan Untuk Membentuk Otot Dengan Cepat
Cara membentuk otot bahu dengan jumping track
Jumping track pada dasarnya termasuk dalam kategori gerakan aerobik sederhana yang mudah untuk dilakukan. Gerakan ini mampu meningkatkan fleksibilitas pada otot bahu kita. Gerakan jumping track adalah melompat dan menepuk tangan di atas kepala dengan posisi tangan lurus ke atas sehingga otot bahu akan tertarik dan menjadi lebih fleksibel.

Cara Membentuk Otot Bahu di Rumah Dengan Dumbell

Dumbell adalah alat kebugaran yang umum kita temukan di gym. Fungsi alat ini tentunya untuk menunjang program latihan yang kita jalankan agar berjalan lebih maksimal. Dumbell sendiri merupakan pemberat yang terbuat dari bahan metal yang digunakan untuk melatih otot tubuh bagian atas seperti lengan dan bahu. Maka dari itu dumbell dapat digunakan untuk membentuk bahu secara efisien. Latihan menggunakan dumbell berbeda dengan bodyweight training, Namun bentuk latihan ini tergolong dalam weight lifting yang merupakan bentuk latihan angkat beban.

Cara membentuk otot bahu dengan shoulder shrug
Shoulder shrug adalah latihan otot bahu yang relatif mudah untuk kita lakukan. Anda hanya perlu memegang dumbell pada tangan kanan dan kiri. Setelah itu angkat bahu kita hingga mendekati leher, tahan beberapa saat lalu turunkan secara perlahan.

Cara membentuk otot bahu dengan shoulder press
Sesuai dengan namanya, shoulder press merupakan bentuk latihan otot bahu yang menggunakan dumbell sebagai medianya. Latihan ini juga sangat efektif untuk membentuk bahu menjadi lebih lebar dan kokoh. Cara melakukan dumbell press adalah dengan mengangkat dumbell dengan tangan dan didekatkan dengan bahu kita. Posisikan telapak tangan menghadap ke depan saat memegang dumbell. Setelah itu angkat dumbell sampai kedua siku kita hampir lurus. Tahan beberapa saat, lalu turunkan secara perlahan.

Cara membentuk otot bahu dengan front raise
Gerakan pada front raise dilakukan dengan awalan kedua tangan berada di depan paha, telapak tangan kita menghadap kedalam sambil memegang dumbell. Lalu angkat dumbell dengan kedua tangan ke arah depan sampai tangan kita lurus sejajar dengan bahu. Tahan beberapa saat posisi ini lalu turunkan secara perlahan. Latihan ini memang sangat melelahkan, namun hasil yang didapat juga sangat memuaskan. Maka dari itu front raise dapat kita jadikan cara membentuk bahu yang sangat efisien di rumah.
Baca juga: 25 Cara Membentuk dan Membesarkan Otot Lengan Dalam 1 Minggu
Cara membentuk otot bahu dengan lateral raise
Lateral raise adalah gerakan selanjutnya yang juga efektif membentuk bahu dengan menggunakan dumbell sebagai media latihan. Cara melakukan lateral raise adalah letakkan tangan disamping pinggang dengan posisi telapak tangan menghadap satu sama lain sembari membawa dumbell. Lalu angkat kedua tangan anda ke samping hingga mendekati tegak lurus dengan bahu anda. Tahan posisi ini sebentar lalu turunkan secara perlahan hingga ke posisi semula.

Cara Membentuk Otot Bahu di Rumah Dengan Body Combat

Body combat adalah bentuk latihan yang termasuk dalam kategori gerakan aerobik yang gerakan dasarnya meniru gerakan pada bela diri. Gerakan bela diri seperti yang kita ketahui juga sangat efektif untuk membentuk otot tubuh secara keseluruhan. Adapun beberapa gerakan body combat yang dapat kita manfaatkan untuk membentuk otot bahu kuat adalah sebagai berikut:

Cara membentuk otot bahu dengan gerakan punch
Gerakan punch atau dalam bahasa Indonesia adalah gerakan memukul dapat kita temui di hampir seluruh cabang bela diri. Seperti contoh pada olahraga tinju, jika kita amati lebih teliti kita akan amati bahwa petinju umumnya memiliki lengan besar dan bahu lebar, kokoh dan kuat.

Cara membentuk otot bahu dengan gerakan uppercut
Seperti namanya, uppercut merupakan gerakan beladiri yang memiliki gerakan memukul dari bawah ke atas dengan cepat. Gerakan ini umumnya digunakan sebagai counter attack maupun final attack dalam berbagai seni bela diri. Untuk melakukan uppercut diperlukan kekuatan bahu yang sangat besar. Maka dari itu tidak heran jika petinju yang sering melakukan uppercut memiliki bahu lebar yang kokoh dan kuat.

Cara membentuk otot bahu dengan gerakan hook
Hook merupakan gerakan tinju yang juga berfokus pada kekuatan otot bahu. Gerakan ini cenderung memukul dari samping menyerupai pengait. Dengan melakukan gerakan hook ini kita dapat membentuk bahu lebar yang kuat dan kokoh.

Cara membentuk otot bahu dengan elbow strike
Elbow strike adalah bentuk latihan otot bahu yang keseluruhan kekuatannya bergantung pada gerakan dan kekuatan bahu. Gerakan body combat ini sangat efektif digunakan untuk membentuk bahu kuat dan fleksibel. Namun kita juga tidak boleh terlalu memaksakan kekuatan dan fleksibilitas bahu kita ketika melakukan gerakan ini.

Itulah artikel yang berjudul cara membentuk otot bahu lebar dan kokoh di rumah yang dapat saya sampaikan kali ini. Untuk membentuk bahu lebar dan kokoh kita harus konsisten menjalankan program latihan yang juga diimbangi dengan pola makan fitnes yang teratur. Namun kita juga tidak boleh memaksakan batas ketahanan tubuh kita agar tubuh kita tidak mengalami cidera nantinya.
18 Cara Membentuk Otot Bahu Lebar dan Kokoh di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fitnes mu

0 komentar:

Post a Comment