16 Cara Membentuk Otot Betis dan Paha Atletis di Rumah

16 Cara Membentuk Otot Betis dan Paha Atletis di Rumah - Memiliki otot betis dan paha kencang akan melengkapi tubuh atletis kita. Pada dasarnya memang mayoritas orang akan lebih berfokus membentuk otot tubuh bagian atas saja dan melupakan bahwa membentuk otot betis, paha dan otot bagian bawah tubuh lainnya juga sangat penting untuk dilakukan. Jika kita memiliki tubuh kekar berotot dan atletis hanya pada bagian atas tubuh akan menjadikan tubuh kita terlihat kurang proporsional dan ideal. Selain itu pentingnya melatih dan membentuk otot betis dan paha akan berpengaruh pada kekuatan dan kemampuan fisik kita. Seperti contoh ketika kita hendak mengangkat beban yang begitu berat, maka beban tersebut akan bertumpu pada otot bagian bawah yakni otot betis dan paha. Jika kita memiliki betis dan paha lemah maka kita akan goyah ketika menahan beban berat, alhasil kita akan jatuh karena tidak mampu menahan beban tersebut.

cara membentuk otot betis dan paha di rumah dengan cepat
cara membentuk otot betis dan paha di rumah dengan cepat
Untuk melatih otot kaki, dalam kasus ini adalah cara membentuk otot betis dan paha diperlukan latihan yang lebih intesif melebihi latihan membentuk otot tubuh bagian atas. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan karena otot betis dan paha merupakan bagian tubuh yang paling kuat serta susah dibentuk. Namun anda tidak perlu risau karena pada dasarnya cara membentuk otot betis dan paha sangat mudah untuk dilakukan bahkan di rumah sekalipun.

Setelah sebelumnya kita membahas cara membentuk otot lengan, cara membuat tubuh kekar berotot dan atletis maka untuk melengkapinya kita akan membahas cara membentuk otot betis dan paha atletis di rumah dengan sangat mudah.

Cara Membentuk Otot Betis dan Paha Atletis di Rumah

Dalam artikel kali ini kita akan membahas bentuk latihan yang dapat digunakan sebagai cara membentuk otot betis dan paha di rumah agar terlihat lebih atletis melengkapi tubuh ideal kita. Cara melatih otot betis dan paha pada dasarnya tidaklah sulit, namun kita harus melakukannya secara konsisten serta diimbangi dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein. Selain itu kita juga dapat mengikuti pola makan orang fitnes agar program latihan membentuk otot betis dan paha dapat maksimal.
Terdapat berbagai bentuk latihan untuk membentuk otot betis dan paha di rumah baik dengan menggunakan media alat maupun tanpa media sekalipun. Selain itu anda juga dapat mengikuti program latihan di training center atau gym terdekat. Namun jika anda tidak memiliki waktu luang yang cukup anda dapat melatih otot betis dan paha di rumah dengan mudah.

Cara membentuk otot betis dan paha dengan calf raise

Calf raise merupakan gerakan dasar yang sangat sederhana. Calf raise mentargetkan latihan pada otot bagian bawah seperti otot betis dan paha. Untuk melakukan gerakan ini anda dapat menggunakan media balok kayu, box atau kursi untuk memaksimalkan proses membentuk otot betis dan paha anda. Cara melatih otot betis dan paha dengan calf raise juga sangat mudah, yakni:
  1. berdiri dengan posisi tegak dan kedua kaki lurus.
  2. Angkat lalu letakkan salah satu kaki di atas kursi kecil yang telah disiapkan.
  3. Angkat tubuh dengan bertumpu pada kaki yang berpijak pada kursi sehingga posisi tubuh kita berdiri diatas kursi.
  4. Untuk menambah variasi, jinjitlah dengan kedua kaki di atas kursi sejenak.
  5. Lalu turunkan badan dan kembali ke posisi semula.
  6. Ulangi dengan kaki yang lain.
  7. Lakukan latihan ini sebanyak 40 kali 3 set.

Cara membentuk otot betis dan paha dengan lunges

Cara melatih otot betis dan paha di rumah agar terlihat atletis dapat dilakukan dengan lunges, bentuk latihan ini sangat efektif melatih dan membentuk otot paha dan betis. Untuk melakukan lunges kita tidak memerlukan media apapun karena gerakan lunges dapat dengan mudah kita lakukan di lantai. Cara melatih otot betis dan paha dengan lunges adalah :
  1. Posisikan tubuh tegak dan kaki lurus rapat.
  2. Langkahkan salah satu kaki ke depan.
  3. Turunkan lutut pada kaki satunya sampai lutut kita menyentuh lantai.
  4. Angkat kaki kita dan kembali ke posisi semula.
  5. Lakukan secara bergantian.
  6. Ulangi gerakan tersebut 30 kali sebanyak 3 set.

Cara membentuk otot betis dan paha dengan squat

Squat dikenal sebagai bentuk latihan yang sangat melelahkan dan susah untuk dilakukan. Gerakan ini memang sangat menguras tenaga dan terkadang membuat cedera namun latihan ini amat sangat efektif untuk membentuk paha dan betis kita. Cara melakukan squt adalah :
  1. Posisikan tubuh berjongkok dengan kedua lutut ditekuk ke depan.
  2. Angkat tubuh hingga berdiri tegak dengan bertumpu pada paha.
  3. Turunkan tubuh kembali ke posisi semula.
  4. Ulangi 30 kali sebanyak 3 set secara rutin.

Cara melatih otot betis dan paha dengan step up

Step up merupakan gerakan yang mirip seperti hendak menaiki tangga rumah. Gerakan ini hampir sama seperti calf raise hanya saja dilakukan secara berulang ulang. Namun secara garis besar step up dapat membantu kita melatih otot betis dan paha dengan cepat. Cara membentuk otot betis dan paha dengan step up adalah naik turun menggunakan pijakan, seperti menggunakan kursi maupun naik turun tangga.

Cara membentuk otot betis dan paha dengan skiping

Skiping merupakan gerakan melompat lompat dengan media tali. Gerakan ini sangat efektif untuk membentuk otot paha dan betis dengan cepat karena beban latihan akan berfokus pada otot betis dan otot paha ketika hendak melompat dan mendarat. Namun ketika melakukan latihan ini kita harus berhati hati karena gerakan ini juga menargetkan pergelangan kaki, dan pergelangan kaki adalah bagian yang sangat rawan terkena cidera.

Cara membentuk otot betis dan paha dengan sprint

Sprint adalah gerakan berlari. Berbeda dengan jogging yang hanya berlari santai, sprint merupakan gerakan berlari dengan menggunakan seluruh tenaga. Semakin cepat seseorang melakukan sprint maka semakin bagus pula ketahanan tubuhnya dan semakin efektif pula latihan yang ia dapatkan.

Umumnya cara membentuk otot betis dan paha dengan sprint adalah berlari sekuat tenaga dengan jarak 50 meter hingga 100 meter. Namun kita tidak perlu memaksakan batas tubuh kita karena yang terpenting adalah kesehatan dan keselamatan.
Selain berbagai cara diatas, anda dapat menemukan berbagai referensi cara membentuk otot kaki, betis dan paha dalam artikel sebelumnya yang berjudul 15 Cara Membentuk Otot Kaki Dan Paha
Itulah artikel tentang cara membentuk otot betis dan paha yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Untuk membentuk otot tubuh bagian bawah memang tidak mudah dan diperlukan kesabaran. Selain menjalankan program latihan secara teratur kita juga harus memperhatikan pola makan dan menu makanan kita. 
16 Cara Membentuk Otot Betis dan Paha Atletis di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fitnes mu

0 komentar:

Post a Comment