6 Pola Makan Untuk Membentuk Otot Dengan Cepat

6 Pola Makan Untuk Membentuk Otot Dengan Cepat - Terdapat dua kunci utama yang mempengaruhi kesuksesan fitness. Yakni pola makan teratur dan latihan yang dilakukan secara konsisten, Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pola makan untuk membentuk otot digunakan untuk menyeimbangkan program latihan yang kita jalani. Program latihan yang kita lakukan tanpa diimbangi oleh pola makan fitnes akan sia sia karena otot tidak akan terbentuk secara maksimal. Bahkan dalam beberapa kasus program latihan yang dilakukan tanpa diimbangi pola makan untuk membentuk otot ini akan berakibat pada menurunnya kesehatan seseorang.

Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan, tubuh yang dipaksakan untuk berlatih tentunya memerlukan asupan nutrisi yang tinggi mengingat program latihan fitness akan menguras seluruh energi. Maka dari itu pola makan sehat sangat diperlukan untuk mendukung program latihan tersebut.
Pola makan untuk membentuk otot dengan cepat
Pola makan fitnes untuk membentuk otot
Umumnya orang fitnes memiliki pola makan khusus selama menjalani program latihan membentuk otot. Pola makan untuk membentuk otot ini akan disesuaikan dengan kebutuhan kalori dan nutrisi yang ia perlukan. Pentingnya pola makan untuk membentuk otot ini juga harus diimbangi dengan program latihan serta olahraga yang teratur.

6 Pola Makan Untuk Membentuk Otot Dengan Cepat

Setelah sebelumnya kita membahas tentang berbagai cara membentuk otot tubuh seperti 16 Cara Membentuk Otot Perut Sixpack di Rumah dan 25 Cara Membentuk dan Membesarkan Otot Lengan Dalam 1 Minggu maka kali ini kita akan berfokus pada pola makan fitnes untuk membantu proses pembentukan otot tubuh tersebut.

Pada dasarnya pola makan untuk membentuk otot memiliki perbedaan tergantung pada tujuannya. Untuk program latihan ringan, sedang hingga berat memerlukan kebutuhan nutrisi yang berbeda pula. Untuk mengetahui kebutuhan tiap program latihan kita dapat menggunakan kalkulator penghitung kebutuhan kalori perhari untuk menghitung persentasi kebutuhan nutrisi dalam menjalankan latihan.

Menu Makanan Untuk Fitnes

Sebelum menjalankan program latihan, kita perlu memperhatikan menu makanan untuk membentuk otot untuk mendukung suksesnya program latihan yang kita jalankan. Sebelum memulai latihan, anda membutuhkan sedikit lemak dan banyak karbohidrat sebagai sumber makanan untuk meningkatkan energi serta massa otot anda. Lain halnya setelah anda selesai menjalankan program latihan, menu makanan yang anda butuhkan adalah mengurangi karbohidrat pada menu makanan dan meningkatkan sedikit lemak.
Beberapa menu makanan yang dapat anda pilih dalam pola makan untuk membentuk otot sebelum fitnes adalah sebagai berikut:
  • Karbohidrat : Kentang, beras merah, ubi ubian, gandum, oats, sereal, dan roti gandum.
  • Protein : Putih telur, daging, yogurt, daging ikan, susu protein (whey).
  • Lemak : Untuk menambah lemak gunakan sedikit minyak pada menu makanan anda.
  • Buah dan Sayur : Sayuran hijau, kacang kacangan, dan buah buahan tropis.
Setelah menjalankan program latihan fitnes, maka tubuh perlu asupan nutrisi untuk mengembalikan energi yang terkuras habis. Pola makan untuk membentuk otot setelah melakukan program latihan adalah sebagai berikut:
Karbohidrat dan lemak : Buah alpukat, keju, kacang kacangan, mayonaise, minyak kelapa (secukupnya saja).
Protein : Susu protein (Whey), daging, putih telur, daging ikan, ikan yang mengandung minyak, yogurt.
Buah dan Sayur : Strawberry, blueberry, sayuran hijau, apel dan sebagainya.

Pola Makan Fitnes

Pola makan untuk orang fitnes sangat berbeda dengan pola makan pada umumnya. Meskipun orang fitnes terkesan banyak makan, namun makanan yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah rekomendasi pola makan untuk membentuk otot khusus orang fitnes

Makan 5 hingga 6 kali sehari
Berikan nutrisi pada tubuh kita dengan makan makanan ringan atau makanan kecil setiap hari secara teratur untuk menjaga dan mengatur kadar gula yang terdapat dalam darah agar tetap terkontrol. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan metabolisme tubuh dan menstimulasi perkembangan massa otot.

Kurangi makan makanan olahan
Tips pola makan untuk membentuk otot selanjutnya adalah mengurangi makan makanan olahan. Hal ini disebabkan karena pada makanan olahan yang kita jumpai di minimarket, atau makanan dalam kotak memiliki nutrisi yang kurang atau bahkan telah rusak.

Akan lebih baik jika kita makan makanan segar dan sehat seperti buah buahan dan sayuran. Selain itu pola makan untuk membentuk otot yang baik adalah dengan menambah protein, karbohidrat serta mengurangi lemak. Sangat disarankan untuk makan makanan olahan yang segar (buatan sendiri) dibandingkan membeli.

Konsumsi makanan yang mengandung banyak protein
Untuk memaksimalkan pertumbuhan dan meningkatkan massa otot kita dapat mengonsumsi protein setiap beberapa jam selagi tubuh kita melepaskan hormon yang membakar lemak. Sumber protein tinggi umumnya dapat kita jumpai pada daging sapi tidak berlemak, ikan laut, dada ayam, kedelai dan suplemen whey protein.

Konsumsi karbohidrat
Untuk menyempurnakan pola makan untuk membentuk otot dengan cepat kita juga harus memperhatikan kebutuhan karbohidrat. Pada dasarnya terdapat dua jenis karbohidrat, yakni karbohidrat simpleks dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat simpleks ditandai dengan daya serap yang cepat seperti pasta, roti, nasi dan sebagainya. Jenis karbohidrat ini akan meningkatkan gula dalam darah dengan sangat cepat. Sedangkan karbohidrat kompleks memiliki kandungan serat yang tinggi. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah jagung, kentang, oathmeal, nasi merah dan sebagainya. Kunci utama dalam mengkonsumsi karbohidrat adalah dengan mengkombinasikan kedua jenis karbohidrat dengan tepat. Seperti contoh makan nasi putih sebelum fitnes, lalu setelah fitnes dilanjutkan makan buah alpukat.

Pola makan fitnes untuk pemula

Jika anda seorang pemula tentunya anda akan bingung memilih pola makan untuk membentuk otot yang sesuai dengan porsi anda. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi menu makanan sehat yang mengandung karbohidrat rendah, tinggi protein dan kaya akan antioksidan untuk menyehatkan pembuluh darah. Berikut ini adalah pola makan fitnes untuk pemula yang dapat anda simak:

  1. Makan pertama : Jam 07.10 (2 telur ayam, 1/2 cup blueberry, 1 cup yogurt, dan 1/3 piring oathmeal).
  2. Makan kedua : Jam 10.20 (2 Sendok takar susu protein, 3/4 gelas jus buah berry, 1/3 susu skim, 1 senduh teh serbuk kakao, 4 balol es batu serta segelas air mineral).
  3. Makan ketiga : Jam 13.00 (Burger dengan 2 lembar keju, 80g daging sapi, 2 lembar selada, 1 iris tomat, 1 sendok mayonaise, 2 potong roti).
  4. Makan keempat : Jam 17.00 (Susu protein atau whey yang mengandung 50g karbohidrat serta 30g protein).
  5. Makan kelima : Jam 21.00 (Sayuran hijau, udang, dan beras merah yang dimasak dengan olive oil)

Pola Makan Untuk Orang Kurus agar Berotot

Orang kurus yang ingin memiliki tubuh berotot umumnya harus mengikuti pola makan ekstra yang berbeda dengan lainnya. Hal ini disebabkan karena tubuh memerlukan asupan nutrisi tinggi karbohidrat dan tinggi protein untuk meningkatkan massa otot. Pola makan untuk membentuk otot orang kurus sangat mudah dilakukan jika kita mau mengikuti pola makan yang benar secara rutin. Tidak semua makanan bisa dimakan lantaran tubuh kurus. Namun kita perlu memilih dan memilah mana makanan yang berkualitas tinggi.

Setelah memiliki tubuh yang ideal dan proporsional barulah kita dapat membentuknya sesuai keinginan kita. Namun sebelum itu kita harus berusaha terlebih dahulu untuk membuat tubuh berisi dengan pola makan orang kurus yang benar dibawah ini:
  1. Makan pertama : Jam 07.00 (3 Putih telur, 1 gelas susu, 1 lembar keju, 2 poting roti dan 1 buah apel).
  2. Makan kedua : Jam 10.00 (Smoothie tinggi protein yang terbuat dari whey, susu skimm buah berry, dan serbuk kokoa).
  3. Makan ketiga : Jam 13.00 (Burger dengan 2 lembar keju, 80g daging sapi, 2 lembar selada, 1 iris tomat, 1 sendok mayonaise, 2 potong roti).
  4. Makan keempat : Jam 16.00 (Susu protein atau whey yang mengandung 50g karbohidrat serta 30g protein).
  5. Makan kelima : Jam 19.00 (Beras merah, sayuran hijau dan dada ayam).
  6. Makan keenam : Jam 22.00 (Sepotong dada ayam tanpa nasi dan 1 batang brokoli).

Pola Makan Fitnes Untuk Menurunkan Berat Badan

Jika anda memiliki tubuh gemuk, pola makan untuk membentuk otot yang satu ini sangat cocok anda terapkan karena dapat membantu mempercepat penurunan lemak di badan anda. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti buah apel, buah alpukan dan lain sebagainya. Trik ini sangat efektif untuk membakar lemat tanpa mengurangi massa otot.
  1. Makan pertama : Jam 07.00 (3 telur ayam, 1 lembar selada, 1 lembar keju dan 1 buah apel).
  2. Makan kedua : Jam 10.00 (Smoothie tinggi protein yang terbuat dari whey, susu skimm buah berry, dan serbuk kokoa).
  3. Makan ketiga : Jam 13.00 (Steak daging sapi dengan buah alpukat dan tomat).
  4. Makan kelima : Jam 16.30 (Susu protein atau whey yang mengandung 50g karbohidrat serta 30g protein).
  5. Makan kelima : Jam 20.00 (Pasta, sayuran hijau, dada ayam dan brokoli).
Itulah pola makan untuk membentuk otot dengan cepat yang dapat anda terapkan dalam program latihan fitnes yang anda jalani. Perlu diingat bahwa pola makan fitnes untuk membentuk otot berbeda dengan pola makan sehat pada umumnya. Selain pola makan fitnes yang teratur juga diperlukan latihan secara konsisten untuk membentuk otot impian anda.
6 Pola Makan Untuk Membentuk Otot Dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fitnes mu

0 komentar:

Post a Comment