Saturday, 10 December 2016

15 Cara Membentuk Otot Kaki Dan Paha

Cara Membentuk Otot Kaki - Mayoritas orang yang baru memulai langkah membentuk otot hanya berfokus pada membentuk otot tubuh saja dan mengabaikan pentingnya membentuk otot bagian bawah yakni otot kaki dan paha.Jika hanya membentuk otot tubuh bagian atas saja tanpa diimbangi dengan membentu otot kaki dan paha maka bukan tubuh idaman yang kita dapat, melainkan bentuk tubuh yang tidak proporsional. Selain terliihat buruk dari segi penampilah mengabaikan pembentukan otot kaki dapat menyebabkan pogram pembentukan otot kita menjadi tidak maksimal. Karena meskipun kita memiliki tubuh dan tangan berotot yang mampu mengangkat beban berat sekalipun namun tanpa diimbangi kekuatan otot kaki tidak akan menjadi maksimal..

Pada dasarnya kaki dan paha merupakan bagian tubuh yang paling kuat karena dapat menopang tubuh sekalipun tubuh kita sedang mengangkat beban berat, karena itulah kita perlu melatih dan membentuk otot kaki dan paha kita. Untuk membentuk otot kaki dan aha tentunya bereda dengan cara membentuk otot pada umumnya mengingat kaki merupakan bagian terkuat tubuh kita. Penggunaan beban lebih berat daripada latihan untuk membentuk otot tubuh bagian atas sering digunakan untuk membentuk otot kaki oleh para binaraga. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membentuk otot kaki dan paha secara mudah dan dapat dilakukan di rumah meskipun tanpa alat sekalipun.

Cara Membentuk Otot Kaki Dan Paha Di Rumah
cara membentuk otot kaki, cara membentuk otot paha

Terdapat banyak sekali cara untuk membentuk otot kaki dan paha mulai dari menggunakan alat hingga tanpa menggunakan alat sama sekali. untuk lebih jelasnya simaklah artikel di bawah ini.

Lunges
cara membentuk otot kaki dengan gerakan lunges

Lunges merupakan bentuk latihan yang sangat efektif yang dapat melatih otot betis beserta paha. Lunges cukup mudah untuk dilakukan, Posisikn tubuh berdirir tegak lurus lalu langkahkan satu kaki anda kedepan dan tekuk lutut anda yang satunya hingga menyentuh lantai. Agar lebih efisien anda dapat menabahkan barbel untuk menambah beban berat.

Calf Raise
cara membentuk otot kaki dengan gerakan calf raise

Calf raise merupakan latihan yang sangat sederhana dan dapat dilakukan di mana saja. Latihan ini dapat membentuk otot betis jika dilakukan secara rutin dan teratur. Cara melakukannya sangat mudah, Posisikan tubuh berdiri dan tegak lurus lalu angkat tungkai kaki (posisi jinjit) lalu turunkan pada posisi berdiri semula dan terakhir ulangi langkah tadi secara berulang-ulang. Agar lebih efektif anda dapat memberi beban pada kedua tangan anda dengan barbel maupun alat lainnya.

Squat
cara membentuk otot kaki dengan gerakan squat

Squat merupakan gerakan dengan posisi berjongkok pada awalan dan berdiri dengan tegak dan dilakukan secara berulang-ulang. Meskipu terlihat sederhana dan terkesan udah untuk dilakukan namun squat merupakan bentuk latihan yang dapat membentuk otot kaki beserta dengan paha dengan cepat. Untuk hasil yang lebih maksimal anda dapat mengkombiasikan lompatan sehingga membentuk pola latihan squat jump.


Plank Jump In
cara membentuk otot kaki dengan gerakan plank jump in

plank jump in merupakan gerakan yang terlihat sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan, namun gerakan ini juga sangat menguras tenaga. Selain dapat membentuk otot kaki gerakan ini dapat membentuk otot perut. Cara melakukan plank jump in cukup mudah, Posisikan tubuh anda berjongkok dengan kedua telapak tangan menyentuh lantai lalu luruskan kaki kebelakang hingga posisi tubuh menjadi lurus dan yang terakhir tariik kembali kaki hingga berjongkok seperti posisi semula.

Step Up
Step up merupakan gerakan aktif yang dapat membentuk otot kaki, otot betis, dan otot paha sekaligus. step up  memiliki gerakan seperti sedang menaiki tangga. gerakan ini sangat efekti karena kaki dipaksa untuk bergerak aktif naik turun secara terus menerus.

High Jump
High jump merupakan gerakan yang dapat membentuk otot kaki dan paha dengan cara melompat setinggi-tingginya sesuai kemampuan hingga posisi lutut dapat mendekati perut. Karena dianggap cukup berbahaya maka sebaiknya anda mendarat dengan posisi sempurna untuk menghindari kemungkinan terjadinya cidera.

Skiping
cara membentuk otot kaki dengan gerakan skiping

Skiping merupakan gerakan melompat dengan tambahan alat bantu berupa tali (lopat tali). Selain dapat membentut otot kaki, otot betis, dan otot paha ternyata skiping juga sangat efektif untuk membakar lemak yang menumpuk.

Box Jump
Hampir sama seperti high jump, box jump merupakan gerakan yang menargetkan otot kaki dan paha, cara melakukan box jump cukup sederhana, gunakan benda atau alat bantu sebagai pijakan di depan ketika ingin melompat.

Sprint
cara membentuk otot kaki dengan gerakan sprint

Sprint merupakan bentuk latihan yang sangat efektif untuk membentuk otot kaki, otot paha, dan otot betis namun juga bentuk latihan yang sangat menguras tenaga karena kita harus berlari sekuat tenaga tanpa berhenti dengan jarak tertentu sesuai yang sudah ditentukan. Jarak melakukan sprint biasanya berkisar antara 50 meter hingga 100 meter. Lakukan sprint secara teratur agar latiha lebih maksimal.

Side Lunges
Sidelunge merupakan gerakan menyampingkan salah satu kaki dengan kaki satunya tetap berada pada posisi lurus hingga hampir membentuk posisi berjongkok. Side lunges hampir sama seperti gerakan lunges secara umum namun arah gerakan side lunges adalah menyamping.

Selain menggunakan bentuk latihan umum anda dapat menggunakan combat training untuk membentuk otot kaki dan paha anda. combat training sendiri merupakan gerakan yang meniru sebagian teknik beladiri. combat training juga sangat efektif untuk membantu memebentuk otot kaki dengan cepat.

Front Kick
cara membentuk otot kaki dengan gerakan front kick

Gerakan front kick sangat umum digunakan oleh atlet karate, gerakan ini sangat mudah dilakukan karena kita hanya perlu mengangkat salah satu kaki ke depan seperti posisi menendang pada latihan karate. Front kick juga dapat merenggangkan persendian anda.

Knee Strike
Knee strike merupakan gerakan menyerang dengan menggunakan lutut dapat kita manfaatkan untuk membentuk otot paha dan kaki kita. Gerakan ini dilakukan dengan cara memanfaatkan kekuatan pada otot betis beserta otot paha kita. Untuk menambah tingkat kesulitan anda dapat menambahkan lompatan.

Side Kick
Side kick serupakan gerakan menendang ke arah samping yang menggunakan kekuatan dari keseluruhan otot kaki dan paha. Selain digunakan untuk membentuk otot, gerakan ini dapat meningkatkan kesembangan kita.

Back Kick
Back kick merupakan gerakan menendang kebelakang yang umum digunakan dalam beladiri. Gerakan ini sangat mudah untuk dilakukan, Back kick adalah kebalikan dari front kick. Gerakan back kick selain digunakan untuk membentuk otot paha dan kaki juga dapat mengencangkan otot.

Turning Kick
Hampir sama seperti side kick, turning kick merupakan gerakan menendang ke arah depan yang dimulai dari posisi tubuh disamping terlebih dahulu. Selain berfungsi membentuk otot paha dan otot kaki, dengan melakukan turning kick juga dapat melatih otot pinggul juga.

Itulah artikel tentang 15 cara membentuk otot kaki dan paha dengan cepat dan dapat anda lakukan di rumah. Untuk membentuk otot kaki dan otot paha secara maksimal anda dapat melakukan gerakan di atas secara teratur dengan diimbangi dan dikombinasi pola latihan lain.
15 Cara Membentuk Otot Kaki Dan Paha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fitnes mu

0 comments:

Post a Comment