Cara Melakukan Sikap Lilin Pada Senam Lantai

Cara Melakukan Sikap Lilin Pada Senam Lantai - Sikap lilin merupakan salah satu gerakan dasar dalam senam lantai yang harus dikuasai oleh atlet senam. Melakukan sikap lilin tidaklah mudah karena kita dituntut harus dapat menopang beban berat badan bagian bawah sambil mempertahankan keseimbangan badan. Untuk seorang binaraga melakukan sikap lilin merupakan hal yang sudah biasa di lakukan karena selain dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, dengan sikap lilin kita dapat membentuk dan melatih kekuatan otot tangan, otot perut dan dapat mengencangkan bokong.

Sikap lilin sendiri merupakan sebuah sikap dimana posisi tubuh terlentang dan kita mengangkat bagian tubuh yakni mulai dari ujung kaki sampai dengan bokong, diangkat tegak lurus seperti lilin dan ditopang oleh kedua tangan sebagai penyangganya. Melakukan sikap lilin bukan hal yang mudah bagi sebagian orang terutama untuk orang dengan berat badan lebih (gemuk). Melakukan sikap lilin sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari karena sejatinya sikap lilin memiliki banyak manfaat teruutama untuk membentuk otot perut agar terlihat sixpack.
cara melakukan sikap lilin pada senam lantai dengan baik dan benar

Meskipun terlihat sederhana dan mudah untuk dilakukan, pada kenyataanya sebagian orang sering mengalami kegagalan saat melakukan sikap lilin. Terdapat banyak sekali faktor dan penyebab kegagalan dalam melakukan sikap lilin pada senam lantai. Adapun faktor-faktor tersebut adalah:

  1. Tidak bisa menjaga keseimbangan badan.
  2. Over wight.
  3. Tidak kuat menopang beban berat pada badan.
  4. Kurang dalam melakukan pemanasan.
Untuk dapat melakukan sikap lilin pada senam lantai kita dapat menggunakan beberapa teknik dasar yang sudah banyak beredar. Jika anda merasa kurang bisa melakukan sikap lilin dengan benar maka ikutilah langkah cara melakukan sikap lilin pada senam lantai dibawah ini.


Dengan melakukan sikap lilin kita akan mendapatkan banyak manfaat diantaranya dapat menyehatkan badan, membentuk otot tangan dan perut, dan dapat mengencangkan bokong Artikel ini akan membahas tentang teknik cara melakukan sikap lilin dengan baik dan benar pada senam lantai.
Baca Juga: 5 Cara Berdiri Dengan Tangan (Handstand)
Sebelum melakukan sikap lilin pastikan terlebh dahulu bahwa anda sudah cukup melakukan pemanasan agar otot-otot anda tidak kaku pada saat melakukan gerakan senam lantai ini. 
Cara melakukan gerakan sikap lilin dalam senam lantai adalah sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh tidur terlentan. Letakkan kedua tangan di samping badan dan pandangan lurus ke depan.
  2. Rapatkan kedua kaki dan Secara perlahan angkat kedua kaki ke atas.
  3. Dengan bertumpu pada seluruh area pundak dan ditopang oleh kedua tangan. Luruskan badan ke atas hingga menyerupai lilin.
  4. Pertahankan sikap lilin beberapa saat hingga dirasa cukup.
Selain cara di atas anda juga dapat mencoba melakukannya dengan menambahkan sedikit variasi gerakan atau melakukan sikap lilin dengan cara yang berbeda seperti:

  1. Posisikan tubuh telentang dan lurus, kedua tangan rapat dengan badan dan kedua tungkai lurus.
  2. Angkat kedua kaki mulai dari ujung kaki hingga pinggul dengan posisi tetap lurus. 
  3. Angkat pinggul ke atas secara perlahan dan topang dengan kedua tangan. Posisi punggung tetap berada di matras. 
  4. Tahan posisi tersebut selama beberapa saat.
  5. Turunkan badan secara perlahan ke posisi semula.
Itulah cara melakukan sikap lilin dengan benar dan mudah pada senam lantai. Jangan lupa juga untuk melakukan gerakan pendinginan setelah melakukan serangkaian gerakap senam lantai agar lebih terasa menfaatnya. Terimakasih.
Cara Melakukan Sikap Lilin Pada Senam Lantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fitnes mu

0 komentar:

Post a Comment