Saturday, 10 December 2016

4 Macam Gaya Dalam Renang

4 Macam Gaya Dalam Renang - Berenang adalah jenis olahraga air yang sangat populer yang dapat menyehatkan tubuh. selain menyehatkan tubuh renang juga menimbulkan efek relaksasi sehingga sering dijadikan olahraga untuk menghilangkan stres.

Berenang adalah olahraga yang banyak sekali manfaatnya. Selain menyehatkan tubuh secara umum karena seluruh otot dalam tubuh bergerak dan berfungsi. Renang juga dapat menambah tinggi badan karena pada saat berenang tanpa kita sadari otot dan persendian kita juga beraktivitas sehingga memicu perenggangan sendi yang dapat menambah tinggi badan.

Berenang bukanlah olahraga yang mudah untuk dilakukan karena banyak orang yang kesulitan untuk melakukannya. dalam berenang tentunya kita harus tau teknik dan gaya renang yang baik karena jika kita tidak tau gaya dalam renang alhasil kita tidak akan bisa bergerak bahkan mengapung di permukaan air.

Sebelum menentukan gaya dalam renang terlebih dahulu kita harus menjaga keseimbangan dan jangan panik. Terbukti bahwa panik merupakan faktor gagalnya seseorang dalam berenang. Terdapat 4 gaya renang yang dapat anda praktekkan, yakni gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya katak, dan gaya punggung.

4 Macam Gaya Dalam Renang

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang macam-macam gaya dalam renang beserta cara melakukan gaya renang tersebut. Untuk lebih jelasnya simaklah 4 gaya renang di bawah ini.

Renang Gaya Bebas
Renang gaya bebas sangat mudah untuk dilakukan dan merupakan gaya renang yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang. Renang gaya bebas sangat mudah untuk dilakukan, jika anda masih pemula dalam berenang sebaiknya anda mempelajari gaya renang yang satu ini.

Cara melakukan renang gaya bebas:

  1. Lemaskan tubuh hingga mengapung pada permukaan air.
  2. Luruskan badan anda.
  3. Gerakkan tangan dan kaki secara simultan (bergantian)
  4. Tangan mengayuh ke depan dan kaki menendang ke belakang.

Gaya renang yang satu ini merupakan gaya atau teknik renang yang meniru hewan pada saat berenang. Contohnya kucing, anjing, iguana dan lain sebagainya. Binatang tersebut berenang dengan cara menggerakan tangan dan kakinya secara simultan atau bergantian. Akhirnya teknik berenang ini dijadikan gaya renang oleh manusia.

Pernafasan gaya renang ini dilakukan dengan cara mengambil nafas lewat mulut pada saat posisi tangan lurus sebelum mengayuh air dengan menoleh kanan dan kiri.

Renang Gaya Katak / Gaya Dada
Renang gaya katak merupakan gaya renang yang dilakukan dengan cara meniru posisi katak pada saat berenang. Meskipun cenderung lamban dalam segi kecepatan namun gaya renang ini terkesan lebih santai dan rileks untuk dilakukan. Jika anda berencana menghilangkan stress gaya ini cocok untuk anda terapkan.
Cara melakukan Renang gaya dada, Cara melakukan Renang gaya katak

Cara melakukan renang gaya katak:

  1. Posisikan tubuh berada pada permukaan air sama seperti renang gaya bebas.
  2. Posisikan kedua tangan lurus di depan kepala dengan posisi telapak tangan terbuka.
  3. Tarik tangan seperti pada saat katak berenang.
  4. setelah tangan tidak menghasilkan dorongan maka gunakan kaki untuk menendang air ke belakang.

Gaya ini sangat mudah untuk dilakukan meskipun untuk seorang pemula. Kita hanya perlu meniru posisi kata ketika sedang berenang di dalam air.

Renang Gaya Punggung
Renang gaya punggung merupakan gaya renang yang paling unik dan cenderung sulit untuk dilakukan oleh pemula. Renang gaya punggung adalah kebalikan dari renang gaya bebas. Jika dalam renang gaya bebas posisi bedan berada pada permukaan air, maka renang gaya punggung hanya bagian punggung saja yang berada pada permukaan air.
Cara melakukan renang gaya punggung

Cara melakukan renang gaya punggung:

  1. Posisikan tubuh hingga kepala lurus.
  2. Gunakan tangan untuk mengayuh air.
  3. Gunakan kaki untuk mendorong air.
Meskipun terkesan paling cepat namun gaya renang ini juga paling sulit untuk dilakukan karena posisi kepala tertunduk sehingga kita tidak bisa melihat jalur renang kita.


Renang Gaya Kupu-Kupu
Renang gaya kupu-kupu merupakan gaya renang yang terkesan sulit dan menguras tenaga terutama pada area tangan. Gaya renang ini banyak digunakan oleh atlet renang pada waktu perlombaan atau olimpiade.
Baca Juga: Cara Cepat Membesarkan Otot Lengan Dalam 1 Minggu
Gaya renang ini terinspirasi dari pergerakan kupu-kupu yang bergerak hanya dengan menggunakan kedua sayapnya. Sebenarnya gaya kupu-kupu merupakan pengembangan dari renang gaya bebas.

Cara melakukan renang gaya kupu-kupu

Untuk melakukan renang gaya kupu-kupu diperlukan lengan yang kuat karena gaya ini bertumpu pada kekuatan otot lengan saja.

Itulah 4 gaya dalam renang yang dapat anda lakukan. Berenang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan jika kita mau berusaha. Jika anda pemula maka belajarlah untuk melakukan gaya renang yang mudah terlebih dahulu. Jika anda sudah mahir dalam berenang barulah pelajari gaya renang yang lebih sulit.

4 Macam Gaya Dalam Renang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fitnes mu

0 comments:

Post a Comment